Monday, October 14, 2019

Gejala Kekurangan Mineral

GEJALA KEKURANGAN MINERAL
1. Kalsium (Ca)
Kalsium adalah salah satu mineral yang sangat penting dan juga sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kalsium berfungsi untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi serta dibutuhkan untuk proses pembekuan darah, transmisi sinyal sel saraf dan kontraksi otot.
2. Magnesium (Mg)
Magnesium memegang peranan penting sebagai kofaktor berbagai enzim dalam tubuh. Magnesium bertindak sebagai katalisator dalam reak­si-reaksi biologis di dalam tubuh. Termasuk reaksi yang berkaitan dengan metabolisme energi, karbohidrat, lemak, protein dan asam nukleat.
Kegu­naan lain magnesium pada lansia atau lanjut usia adalah membantu pe­nyerapan kalsium oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dari risiko osteoporosis. Bahan nabati seperti halnya sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber magnesium yang baik. Sedangkan buah-buahan umumnya mengandung sedikit magnesium.
3. Fosfor
Ini mineral yang sangat penting yang ditemukan di setiap sel tunggal. Fosfor merupakan komponen kunci dari struktur yang mendasari DNA dan juga membantu membentuk membran sel yang mengontrol apa yang bisa dan tidak bisa masuk ke dalam sel individu.
Seperti kalsium, fosfor berkontribusi dalam kekuatan gigi dan tulang. Fosfor juga membantu sel-sel individual untuk mengubah makanan menjadi energi dan juga merupakan pemain utama dalam sistem yang menjaga kadar keasaman yang seimbang dalam tubuh.
4. Natrium
Natrium bertanggung jawab untuk pengaturan kandungan air tubuh dan keseimbangan elektrolit. Pengendalian kadar natrium tubuh tergantung pada keseimbangan antara pengeluaran dan penyerapan natrium di ginjal, yang diatur oleh sistem saraf dan hormon. Natrium juga dibutuhkan untuk penyerapan zat-zat gizi tertentu dan air dari usus.
Natrium merupakan komponen garam dapur yang dikenal sebagai natrium klorida (NaCl). Hampir semua makanan mentah mengandung sejumlah kecil natrium klorida (garam dapur). Namun, garam sering ditambahkan dalam pembuatan, pemasakan dan penyajian makanan.
5. Zat Besi
Merupakan sebuah trace element yang sangat dibutuhkan dalam memproduksi hemoglobin, komponen sel darah merah yang nanti akan membawa oksigen keseluruh tubuh. Orang yang kekurangan zat besi akan mudah merasa lelah, karena tubuh mereka kekurangan oksigen. Zat besi adalah bagian dari mioglobin yang berfungsi untuk membantu menyimpan oksigen pada otot.
6. Yodium
Mungkin anda sering mendengar jenis mineral yang satu ini karena sangat berkaitan dengan garam yodium. Mineral yodium ini sangat penting keberadaannya bagi tubuh karena fungsi utamanya adalah sebagai pembentuk hormone tiroksin dimana hormone ini merupakan pengendali dari berbagai aktivitas tubuh serta mengendalikan pertumbuhan seseorang. Sumber dari yodium ini antara lain adalah:
  • Ikan laut
  • Tiram dan kerang
  • Garam yodium
  • Serta makanan lainnya yang berasal dari laut.
Akibat dari kekurangan yodium ini dapat mengakibatkan tubuh mengalami kretinisme atau kerdil dan menimbulkan pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher atau biasanya disebut sebagai gondok atau Gangguan akibat kekurangan yodium (GAKY).
7. Potasium
Potasium adalah mineral penting yang membantu mengatur fungsi jantung, tekanan darah dan saraf dan aktivitas otot. Kalium juga dibutuhkan untuk metabolisme karbohidrat dan protein dan membantu menjaga pH yang tepat dalam tubuh.
Mineral dapat disimpan dalam berbagai jaringan pada seluruh tubuh manusia. Beberapa jenis mineral perlu tetap dalam aliran darah guna menjaga keseimbangan dan juga fungsi cairan tubuh. Mineral yang lainnya, seperti kalsium, magnesium, fluoride, dan fosfor disimpan dalam tulang. Seng, tembaga, besi dan banyak jenis trace mineral yang disimpan dalam hati.Sementara itu jenis mineral yang lainnya disimpan dalam jaringan otot, kelenjar, atau di organ. Namun ada hal lain juga yang perlu anda ketahui.

No comments:

Post a Comment

Hipertensi dan Hipotensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi ...